Laporan Ringkas Assesment Lansia Yg memerlukan penanganan khusus

Nama PM: YANTO
USIA : 70 Tahun
Sebatang kara
Alamat : Rt 002 Desa Biyuku Kec. Suak Tapeh Kab. Banyuasin

Respon Kasus :
pada hari senin 27 Juni pukul 10.00-selesai oleh Pendamping Rehsos (Disabilitas) dan perangkat desa biyuku

Lansia a.n Yanto tinggal sebatang kara di Rt 002 Desa Biyuku Kec. Suak Tapeh, ybs memang tidak memiliki istri, anak atau keluarga yang mengurus keperluan nya sehari-hari, di tambah dengan kondisi kesehatan yang saat inj sedang menurun sehingga ybs kesulitan untuk mendapatkan pengobatan.
Saat ini lansia tsb berada di rumah salah seorang perangkat desa untuk di bantu dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan juga untuk di lakukan perawatan oleh puskesmas kec suak tapeh, sementara ini diagnosa dokter adalah sakit magh tetapi ybs mengeluh sakit pada bagian pinggang.
Ybs memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) yg statusnya aktif.
Ybs juga mendapat bantuan sosial seperti BLT namun uang tersebut tidak di gunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari melainkan digunakan untuk membeli handphone.
Kondisi rumah ybs tidak layak huni sebab atap yang terbuat dari anyaman daun nipah sudah banyak yang bolong sehingga kalau hujan akan kebocoran selain itu juga perabotan rumah tangga yg juga tidak layak pakai.
Rencana Intervensi :
1. Pendamping akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Sosial mengenai penanganan yang akan di lakukan untuk kasus lansia tsb
2. Pendamping dan Dinsos akan berkoordinasi dengan panti jompo yang ada di provinsi untuk nanti nya lansia tsb akan di daftar kan menjadi PM
3. Pendamping akan menginformasikan kepada perangkat desa jika sudah ada kesiapan untuk penjemputan lansia tsb ke panti
4. Penjemputan dan pengantaran lansia tsb ke panti bersama Dinsos, dinkes dll

Demikian, terimakasih.

Banyuasin, 27 Juni 2022
Pendamping Rehsos Kab.Banyuasin
Linda Lestari, S.Sos

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*